Bikin Lele Tumbuh Pesat

Bikin Lele Tumbuh Pesat

Saluran pencernaan sangat berperan penting dalam kesehatan ikan, seperti lele. Menurut Hery Santoso, General Manager PT Alltech Biotechnology Indonesia, saluran pencernaan yang dimaksud adalah usus. Usus yang sehat akan membuat penyerapan nutrisi lebih optimal. Pada akhirnya, pertumbuhan ikan menjadi lebih baik. “dengan saluran pencernaan yang sehat, ikan lebih sehat. Ujungnya SR (Survival Rate, peluang hidup) lebih tinggi, otomatis produktivitas lebih tinggi dan profit lebih besar,” ungkapnya.

Melalui Usus

Hery menjelaskan, di dalam usus ikan terdapat vili atau jonjot usus yang berfungsi menyerap makanan. “dengan vili usus sempurna, penyerapan nutrisi menjadi lebih bagus. Nutrisi yang dimanfaatkan dari pakan jadi lebih optimal. Berarti pertumbuhannya akan lebih bagus,” urai Master lulusan UGM ini. Vili usus yang rusak menyebabkan penyerapan nutrisi jauh lebih rendah. Pertumbuhan si kumis pun bisa terhambat. Jika rusak, vili tidak akan mengeluarkan mucus atau lendir yang berfungsi sebagai antibodi atau pelindung dari serangan patogen. dia menambahkan, patogen, radikal bebas, atau racun, seperti mikotoksin, merupakan agen penyebab kerusakan vili. Guna menjaga kesehatan saluran pencernaan si kumis, Alltech meracik solusi komprehensif untuk bisnis akuakultur bernama Aquate™ defender. “Ini kita sebut organic growth permitter. Produk ini bertujuan meningkat sistem imun non-spesifik pada ikan dan udang,” ungkapnya.

Hery menjelaskan, suplemen organik ini memberi perlindungan dari serangan parasit, bakteri dan virus, memperbaiki performa lele, dan meningkatkan keuntungan pembudidaya. Aquate™ defender akan memperbaiki asupan pakan dan mengurangi nilai konversi pakan (feed conversion ratio, FCR). Caranya dengan memperluas mikrovili di usus untuk penyerapan nutrisi dan meningkatkan kemampuan mengecap pakan melalui atraktan (rangsangan aroma) pakan alami. Sedangkan aktivasi sistem kekebalan tubuh melalui peningkatan jumlah sel darah putih, aktivitas enzim lisozim, dan produksi lendir.

Mineral Alami

Aquate™ defender terdiri dari campuran mineral organik berupa selenium serta zinc, ditambah ekstrak ragi Saccharomyces cerevisiae. Pria kelahiran 19 Juli 1975 ini menuturkan, mineral selenium disebut organik karena diperkaya dengan ragi sehingga akan dicerna tubuh sebagai protein. Selenium ini merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kerusakan vili usus. Sedangkan zinc berfungsi me ningkatkan produksi len dir pada kulit ikan sebagai perlindung an dari serangan patogen dari luar tubuh. “Lalu ada protein yang disebut high degistable protein untuk menjamin bahwa lele mendapat asupan protein dan asam amino yang sesuai,” urai Hery.

Sementara mannam rich fraction (MRF) berperan menjaga kesehatan dan keseimbangan micro flora dalam usus. “MRF akan mengikat patogen dan mengeluarkannya melalui feces,” terangnya. Hery menuturkan, aplikasi Aquate™ de fender dengan cara mencampurkan ke pakan sebanyak 5 g/kg pakan. “Berikan sejak awal. Bahkan kita sarankan mulai dari induk. Setelah kita coba di induk, hasilnya luar biasa. Hatching rate (daya tetas telur) dari 40% kontrol, naik dua kali lipat sampai 70%-80%,” katanya. Menggunakan Aquate™ defender, pembudidaya akan memperoleh nilai return of investment(ROI) 1:2 hingga 1:3. Artinya, “Kita mengeluarkan uang Rp1 juta bisa mendapat Rp2 jutaRp3 juta,” tandas Hery.